JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA di tinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada

Maria Desidaria Noge (STKiP Citra Bakti Ngada)
Maria Margareta Jewawa (STKIP Citra Bakti Ngada)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Malanuza , dengan sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen Post Test-Only Control Group Design dengan rancangan faktorial 2 x 2 atau ANAVA AB. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar IPA dan non tes untuk mengukur minat belajar siswa dengan menggunakan angket. Data diolah dengan analisis varians dua jalur melalui uji F namun dalam perhitungan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. pengujian dilakukan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dari pada yangM mengikuti model pembelajaran konvensional (F= l5.436, dan sig. 0,001;p< 0,05.), (2) untuk siswa yang memiliki minat belajar siswa tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki minat belajar siswa rendah (F=1,994, dan sig 0,000;p<0,05) (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan minat belajar siswa (F=0,992 dan sig= 0,462; P> 0,05)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...