JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Membangun Sistem Informasi Titipan Kilat PT. Indah Cargo dengan Dukungan Client Server

Costaner, Loneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Indah cargo merupakan salah satu perusahaan swasta yang bersifat jasa yang melakukan proses pengiriman barang antar kota dalam Provinsi. Dalam menjalankan aktifitasnya, PT. Indah Cargo belum menggunakan sistem terkomputerisasi. Semua aktifitas pengolahan datanya masih dilakukan secara manual. Transaksi-transaksi yang terjadi setiap harinya hanya dicatat di daftar tebel/form transaksi dan untuk biaya masih menggunakan daftar harga dan alat hitung, sehingga cara seperti ini dianggap kurang optimal dalam pengolahan kwitansi pembayaran atau STT, Surat jalan, data keberangakatan, data mobil, data supir, data kota, data pelanggan dan laporan-laporan transaksi Titipan Kilat lainnya. Untuk membantu dalam menjalankan salah satu tugas pokok tersebut, yang sesuai dengan batasan masalah, maka dikembangkan sistem informasi baru dalam wujud perangkat lunak yang dapat membantu proses pengolahan data transaksi dan administrasi Titipan Kilat pada PT. Indah Cargo. Pengembangan perangkat lunak tersebut menggunakan metode pengumpulan data dan System Development Life Cycle (SDLC). Pada tahap implementasi digunakan perangkat programan berbasis objek oriented programming (OOP), Delphi 6.0, dengan mesin database SQL Server 2000 sedangkan untuk pemodelan rancangan modul programnya menggunakan Analisa Sistem Informasi (ASI), Contek Diagram (CD) dan Unified Modeling Langguage (UML) sedangkan untuk penyebaran informasi kesetiap bagian dengan cepat dan akurat menggunakan jaringan komputer (Client Server).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...