JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman

Nurmalinda, Nurmalinda (Unknown)
Illahi Manvi, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Analisis kepuasan pengunjung di Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman dimana masih terdapat permasalahan, dimana masih terdapat permasalahan Adanya pengunjung yang menyatakan bahwa tidak ingin berkunjung kembali ke daya Tarik wisata wisata. Adanya pengunjung yang mengeluh karena banyaknya pengamen di sekitar daya tarik wisata sehingga membuat pengunjung merasa tidak nyaman saat berkunjung. Adanya pengunjung yang menyatakan masih kurangnya pondok/bungalow untuk pengunjung berteduh. Adanya keluhan pengunjung tentang tidak tercapainya keinginan pengunjung dalam menggunakanan fasilitas toilet dan mushalla. Adanya pengunjung yang tidak merekomendasikan daya tarik wisata talao pauh waterfont dikarenakan masih banyak pengamen dan sampah yang berserakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Analisis kepuasan pengunjung di Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman. Jenis penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Jenis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman. Sampel penelitian berjumlah 97 orang pengunjung dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling insidental. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25.00. Hasil penelitian ini yang dilakukan peneliti pada saat penyebaran angket menunjukkan bahwa Analisis kepuasan pengunjung di Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman menyatakan kategori cukup baik dengan persentase 49,48%. Sedangkan untuk indikator tercapainya harapan pengunjung berada dalam kategori cukup baik dengan persentase 35,06%. Selanjutnya pada indikator terpenuhinya kebutuhan pengunjung berada pada kategori baik dengan persentase 41,24%, pada indikator tercapainya keinginan pengunjung berada pada kategori baik dengan persentase 41,23%, keinginan untuk memakai produk/jasa itu kembali berada pada kategori sangat baik dengan persentase 52,57% dan yang terakhir adalah indikator keinginan untuk merekomendasikan barang dan jasa kepada orang lain berada pada kategori baik dengan persentase 67,01%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...