JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Round Whells pada Materi Perubahan Wujud Benda Siswa Sekolah Dasar

Habibie, Hafidz Trikora (Unknown)
Mukmin, Bagus Amirul (Unknown)
Sahari, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan Guru kelas V SDN Gebang bunder, hal tersebut disebabkan guru hanya menjelaskan materi perubahan wujud benda dengan media papan tulis dan masih menggunakan metode ceramah dalam materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menngunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil dari penelitian pengembangan media Round Whells adalah sebagai berikut: : (1) dinyatakan memenuhi kriteria persentase nilai dari validasi media 90%, validasi materi 82% sehingga dinyatakan sangat valid (2) dinyatakan efektif dengan memenuhi ketuntasan hasil belajar melalui evaluasi sebesar 91% yang berarti sangat efekif (3) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria dari angket respon guru dan respon siswa sebesar 96% sehingga dinyatakan sangat praktis. Bedasarkan persentase tersebut, media pembelajaran Round Whells dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada materi perubahan wujud benda di kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...