JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Program Bimbingan Belajar sebagai Aksi Nyata Mahasiswa Citra Bakti Peduli Pendidikan

Awe, Ermelinda Yosefa (Unknown)
Ndagon, Afriana Natalia (Unknown)
Marselin Ngilo, Rosita Apriliani (Unknown)
Ndae, Veronika (Unknown)
Ho’o, Vinsensia Theresia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa STKIP Citra Bakti tahun 2021. Salah satu program kerja dalam kegiatan KKN yaitu kegiatan bimbingan belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan setiap hari kamis sore di aula kantor desa Ratogesa. Kegiatan ini dikhususkan untuk siswa siswi SD yang ada dilingkungan kantor desa Ratogesa. Bimbingan belajar merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang dimilikinya apa lagi pada masa PKM saat ini dimana seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah. Bimbingan belajar dari rumah berupaya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap proses belajar sekaligus membantu siswa agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. Pandemi covid19 memiliki dampak yang cukup besar pada saat ini salah satunya adalah dampak dalam bidang pendidikan, dampak tersebut mengakibatkan pemerintah memutuskan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah. Melalui pembelajaran dari rumah siswa diberikan tugas dan modul ajar yang telah disiapkan guru sesuai dengan materi yang diajarkan. Metode ini dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut. Selain guru, siswa diberi pendampingan oleh mahasiswa KKN STKIP Citra Bakti tahun 2021 yang bertempat tinggal di desa ratogesa kecamatan golewa kabupaten ngada. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi SDK WOGO. Pelaksanaan selama bulan Oktober 2021, pada pukul 08.30 sampai 12.00. Pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar ini yaitu berupa pemberian motivasi kepada siswa-siswi dalam belajar, menjelaskan materi pelajaran, membantu menyelesaikan tugas sekolah. Peran pengabdian bimbingan belajar antara lain meningkatkan motivasi belajar, anak merasa diperhatikan, memberikan pemahaman terkait pelajaran, menambah ilmu pengetahuan lebih, meningkatkan kepercayaan diri, waktu dan tempat yang fleksibel. Metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab, ceramah, diskusi. Sehingga dapat disimpulkan peran program bimbingan belajar sangat membantu aktivitas belajar mandiri di masa PKM saat pandemi Covid-19 ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...