Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta

Uswatun Khasanah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Esti Ambar Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Sarana pembelajaran yang kurang menyenangkan mengakibatkan minat belajar siswa menjadi berkurang, untuk itu perlu adanya inovasi baru yang perlu dilakukan pendidik di sekolah. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan penggunaan software geogebra terutama dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat belajar matematika siswa kelas Vll pada materi segiempat berbantuan software geogebra di masa pandemi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 239 Jakarta dengan jumlah subjek sebanyak 30 siswa kelas Vll tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Angket berisi 30 pernyataan negatif serta positif. Tujuan diberikan angket yaitu untuk mengetahui bagaimana respon siswa akan minat belajar matematika menggunakan software Geogebra. Hasil dari penelitian ini adalah adanya dampak positif penggunaan software Geogebra dalam studi matematika khususnya pada materi segiempat. Hal ini tercermin dari rata-rata keseluruhan sebesar 73%. Hasil angket juga dikuatkan dengan adanya wawancara yang dilakukan peneliti bersama dengan pendidik atau guru matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...