Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Penulisan Karya Ilmiah Melalui Perkuliahan Seminar Pendidikan Matematika Berbantuan E-Learning dan Media Sosial

Eyus Sudihartinih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Habibi Negara Ratu Perwira Negara (UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Mimi Nur Hafizah (Univeristas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah karena ini adalah kompetensi yang harus dimiliki. Pendampingan penulisan karya ilmiah menjadi penting untuk diberikan kepada mahasiswa, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pendampingan penulisan karya ilmiah dalam perkuliahan Seminar Pendidikan Matematika berbantuan e-learning dan media sosial. Penelitian ini adalah studi kasus tipe holistic. Prosedur analisis konten untuk data kualitatif dikumpulkan untuk melakukan penyelidikan interpretatif. Partisipan terdiri dari satu kelas mahasiswa semester VII di Departemen Pendidikan Matematika di salah satu universitas di Jawa Barat, Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, angket terbuka dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendampingan penulisan karya ilmiah dapat dilakukan dengan baik oleh mahasiswa melalui perkuliahan Seminar Pendidikan Matematika berbantuan e-learning dan media sosial. Selain itu, mahasiswa juga memberikan respons positif terhadap perkuliahan sehingga perkuliahan yang dibantu oleh e-learning dan media sosial dapat dilanjutkan dalam perkuliahan berikutnya dan diujikan pada penelitian lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...