Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Respon Respon Mahasiswa terhadap Metode Meresume di Youtube sebagai Metode Pembelajaran Daring Matematika

Rospala Hanisah Yukti Sari (Palangkaraya Muhammadiyah University)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Mayoritas pengguna media sosial mengakses platform Youtube tidak lepas dari kelebihan di dalamnya. Kelebihan yang utama yaitu kemudahan dalam mengakses dan mengunggah video yang tersedia di Youtube dengan internet secara gratis tanpa ada batasan ruang dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan respon mahasiswa ketika menggunakan metode meresume via media sosial Youtube dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan angket kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika. Hasil rata-rata persentase skor keseluruhan respon mahasiswa terhadap meresume video di Youtube mencapai 80%. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif sedangkan untuk menguji validitas angket dengan Pearson Correlation dan reliabilitas angket dengan Cronbach Alpha menggunakan SPSS. Hal ini menunjukkan bahwa respon mahasiswa ketika metika meresume video di Youtube pada pembelajaran matematika adalah positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...