Tingkat pendidikan masyarakat di suatu Negara menentukan perkembangan dari Negara tersebut. Peserta didik saat ini merupakan generasi yang secara karakter memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya, sehingga memerlukan metode pembelajaran yang juga berbeda. Penyajian materi secara menarik dan interaktif menjadi salah satu cara untuk mampu menarik perhatian peserta didik selama kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan tersebut terjadi proses transformasi pengetahuan dari guru kepada peserta didiknya. Hal ini menyebabkan perlu adanya media pembelajaran yang tepat agar proses transformasi pengetahuan dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah pembuatan media interaktif berbasis power point untuk guru SMA. Pelatihan ini menjadi solusi praktis yang mampu membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran yang menarik, interaktif, dan berbasis teknologi. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ini, peserta pelatihan diberikan tugas untuk menyelesaikan sebuah project membuat media interaktif. Dari hasil penilaian yang dilakukan terdapat 78% peserta selesai mengerjakan project sesuai dengan waktu yang ditentukan, sedangkan 22% belum selesai mengerjakan project. Meskipun demikian, kegiatan ini dinilai bermanfaat dan berhasil membantu guru dalam membuat media interaktif dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing
Copyrights © 2021