Sosietas : jurnal pendidikan sosiologi
Vol 7, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI

KESENJANGAN KONTEN VIDEO SEBAGAI FAKTOR TIMBULNYA PERILAKU MENYIMPANG BAGI PENGGUNA YOUTUBE DALAM SEGMENTASI JENJANG PENDIDIKAN

Nafian, Ilman (Unknown)
Suryadi, Karim (Unknown)
Syam, Syaifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2018

Abstract

Sudah tidak aneh jika melihat remaja ataupun siswa kepalanya selalu nunduk sambil membawa gadget, itu pertanda mereka sedang memainkan akun media sosial mereka salah satunya youtube. Artikel ini berfokus menjelaskan bagaimana karakteristik sosial pengguna youtube siswa SMP dan SMA sehingga dari karakteristik tersebut timbul suatu kesenjangan konten video yang dilihat oleh siswa yang dikhawatirkan dapat terjadi suatu perilaku menyimpang akibat tayangan youtube melalui proses belajar. Informan utama dari penelitian ini terdapat 4 orang siswa SMP, 4 orang siswa SMA, 3 guru mata pelajaran, dan 4 orantua siswa Analisis data menggunakan triangulasi data, perpanjangan pengamatan, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seorang siswa, justru semakin rentan terjadinya perilaku menyimpang akibat tayangan youtube karena kesenjangan konten video yang dilihat oleh siswa serta dalam lingkungan jenjang yang lebih tinggi, konten video yang dilihat dalam youtube menjadi indikator kekinian atau tidaknya seorang siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosietas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The objective of SOSIETAS is to publish outstanding and original articles which advance the theoretical understanding of and promote and report empirical research about the widest range of sociological topics. The journal encourages, and welcomes, submission of papers which report findings using ...