EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol 10 No 1 (2022)

Perbandingan Harga Saham dan Volume Transaksi Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Nasional Kasus Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di Bursa Efek Indonesia)

Yusmaniarti Yusmaniarti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Selly Sepika (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Furqonti Ranidiah (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Budi Astuti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Ummul Khair (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Kasus COVID-19 pertama kali di Indonesia diumumkan pada 2 Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan yang signifikan dari harga saham dan volume transaksi saham karena adanya pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan di Bursa Efek Indonesia). Data penelitian ini diambil selama 6 bulan sebelum dan 6 bulan sesudah diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Data diolah dengan Uji Wilcoxon Sign Rank Test, dengan menggunakan SPSS versi 21. Dari hasil pengolah data, menunjukkan terjadi perbedaan signifikan pada harga saham sebelum dan sesudah diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0,05. Dimana harga saham mengalami penurunan dibandingkan sebelum adanya kasus COVID-19. Sedangkan untuk volume transaksi saham juga menunjukkan perbedaan yang signifikan. Dimana nilai signifikasinnya 0,091 < 0,05. Volume transaksi saham sesudah pengumuman kasus COVID-19 menunjukkan nilai yang meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ER

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Energy Other

Description

Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis is a peer-reviewed journal. Ekombis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and ...