PARAMUROBI
Vol 4 No 1 (2021): Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SANTRI MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QUR’AN CILACAP

Khusnul Khotimatul Maulidiyah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Muh. Wasith Achadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual.pada santri melalui program tahfidz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep dari program tahfidz yaitu mulai dari perencanaan kegiatan setoran rutinan, sima’an al-Qur’an, dan kegiatan tahsin Al-Qur’an, 2) Program tahfidz dilaksanakan tiga kali dalam sehari dengan membagi santri kedalam empat kelompok, kemudian pada saat berkumpul di majelis santri serentak meletakkan tangan kanan santri di atas kepala dengan membaca surah al A’la ayat 1-19 dilanjutkan dengan membaca penggalan sholawat burdah dengan tepuk pada dahi dan diakhiri pembacaan doa dan hajat masing-masing. 3) kecerdasan emosional dan spiritual santri cenderung meningkat. Para santri mampu mempelajari serta menguasai kecakapan tersebut apabila mempunyai motivasi dan usaha untuk memahami pengalaman emosi pribadi, memotivasi diri, memahami emosi orang lain, dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. Begitu pula dengan kecerdasan spiritual, seseorang mampu mendekatkan diri kepada Pencipta dengan meningkatkan kemampuan spiritualitas, kemampuan menghadapi rasa penderitaan dan takut, mempunyai kualitas hidup, dan hidup penuh pengabdian dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paramurobi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan dan pustaka. Penerbitan jurnal mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, ...