Jurnal Basicedu
Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500

Kesulitan Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Power Point pada Mahasiswa PGSD Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Darwanto Darwanto (Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia)
Berta Apriza (Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Kesulitan matematika memiliki karakteristik tertentu yaitu kesulitan dalam memproses informasi, kesulitan yang berkenaan dengan kemampuan bahasa dan membaca, dan kecemasan matematika. Penyampaian materi matematika menggunakan media pembelajaran  power point dalam bentuk praktis dan hanya point-pont saja, akan membuat proses kemampuan kognitif peserta didik rendah. Sehingga dalam menerapkan dan menganalisis permasalahan pada matematika tidak diselesaikan dengan baik. Aspek kesulitan belajar matematika dalam materi pelajaran yang menggunakan media pembelajaran power point pada pembalajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kotabumi dalam materi matematika yang menggunakan media pembelajaran power point selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa peserta didik (mahasiswa) ketika melaksanakan pembelajaran khusunya metematka cukup kesulitan jika menggunakan media power point.  Secara keseluruhan media power point masih dikategorikan cukup layak untuk digunakan dalam embelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...