Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar

Deni Setiawan (Universitas Negeri Semarang)
Kurnia Selvyana (Universitas Negeri Semarang)
Arif Hidayat (Universitas Negeri Semarang)
Ni Kadek Aris Rahmadani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam muatan pembelajaran IPS,  sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint interaktif materi interaksi manusia dengan lingkungannya muatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Wonorejo 03 Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, data dokumen, dan angket. Hasil penelitian ahli menunjukan bahwa media powerpoint interaktif telah lolos uji kelayakan. Penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kriteria sangat layak, dan penilaian dari ahli media mendapatkan persentase 100% termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan dari siswa dan guru kelas V terhadap media powerpoint interaktif memperoleh persentase sebesar 99,48% dan 100% dengan kategori sangat layak. Simpulan dari penelitian ini adalah  media powerpoint interaktif materi interaksi manusia dengan lingkungannya muatan pembelajaran IPS layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...