Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Ari Aprilia Dwiana (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Angela Samosir (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Nauli Tama Sari (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Nur Awalia (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Aan Budiyono (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Molli Wahyuni (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)
Masrul Masrul (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh informasi peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mengumpulkan data secara naratif dalam bentuk kata-kata dari fenomena yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 013 Rambah dengan obyek yang adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar siswa sangat tertarik belajar menggunakan media pembelajaran khususnya macromedia flash. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang menunjukkan bahwa siswa lebih semangat dan antusias , serta aktif dan kreatif dalam belajar. Hal ini didukung oleh hasil interview dan kuesioner dengan siswa yang menjelaskan bahwa siswa sangat senang belajar menggunakan macromedia flash karena tampilannya yang menarik dan mudah dipahami.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas siswa menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Media pembelajaran macromedia flash ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan sehingga kreativitas siswa dalam belajar meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...