An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam
Vol 3 No 1 (2016)

PERAN TOKOH AGAMA DALAM MEWUJUDKAN KETERATURAN MASYARAKAT

Sulis Rahmawanto (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Teknologi dan informasi memnerikan peranan penting dalam dunia pendidikan Islamtermasuk pesantren. Informasi merupakan satu-satunya sumber yang dibutuhkanseorang pimpinan lembaga pendidikan. Informasi dapat diolah dari sumber lainyang dipengaruhi oleh organisasi yang sangat kompleks dan perangkat komputeryang dimiliki. Informasi dapat memperkuat kineija lembaga pendidikan, layaknyaKinerja usaha lembaga bisnis. Informasi dapat digali melalui sumber-sumber yangtersedia, seperti sumber daya manusia, material, alat, biaya yang dibutuhkan, sertadata yang akan diolah. Dalam hal ini, penerapan sistem informasi manajemenpendidikan memiliki kapabilitas dalam mendukung keberhasilan dunia pendidikansaat ini. Beberapa fungsi dan tugas pokok kepemimpinan dalam konteks adalahmenyatupadukan orang-orang yang berbeda-beda motivasinya itu dengan motivasiyang sama, mengusahakan suatu kelompok dinamis secara sadar, menciptakan suatulingkungan dimana terdapat integrasi antara individu dan kelompok dengan lembagapendidikan, memberikan inspirasi dan mendorong anggota-anggotanya bekerjaseefektif mungkin, dan menumbuhkan kesadaran pendidikan yang senantiasamengalami perubahan yang dinamis dan mengusahakan agar orang-orang yangdipimpinnya itu dapat menyesuaikan dengan perubahan situasi. Artikel ini membahastentang pola pengembangan tersebut berbasis teknologi, komunikasi, dan informasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

An-Nidzam

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Other

Description

An-Nidzam mengajak para cendekiawan, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil kajian dan penelitiannya di bidang-bidang yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan, Islam, masyarakat Muslim, yang meliputi kajian tekstual dan kerja lapangan dengan berbagai perspektif Pendidikan, Pembelajaran, ...