An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam
Vol 4 No 2 (2017)

SEKOLAH SEBAGAI AGEN BINA DAMAI MELALUI RUANG KELAS

Nurhidayah Nurhidayah (IAINU Kebumen)
Fikria Najitama (IAINU Kebumen)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2017

Abstract

Selama ini sekolah ibarat gunung emas, yang menjulang tinggi dan menyilaukan.Perasaan hebat dan berjasa menjadi nyanyian dunia pendidikan beserta parapelakunya. Namun siapa sangka, bila sekolah menjadi salah satu perintiskesenjangan sosial masyarakat yang terstruktur sebagaimana ungkapan PierreBourdieu. Para peserta didik yang haus akan pengetahuan dan dalam prosespencarian jatidiri pada akhirnya harus bertemu dengan sebuah konsep danprosedur yang melegitimasi kesenjangan melalui kekerasan simbolik baikverbal maupun non verbal yang diterima di sekolah termasuk di dalam prosespembelajaran . Kekerasan yang mungkin disadari atau tidak sadari para pegiatpendidikan di dalamnya. Padahal fungsi sebuah pendidikan adalah untukmemberikan pengasuhan yang menanamkan nilai-nilai luhur kemanusiaansebagai tugas Ke-Ilahian. Bahwa dengan pendidikan seseorang menjadilebih percaya diri dengan apa yang ada pada dirinya dan disyukuri denganmeningkatkan kemampuan baiknya baik terhadap diri sendiri maupun oranglain. Seorang manusia yang cerdas yang memiliki kepekaan terhadap diridan lingkungannnya. Sehingga mampu mengetahui permasalahan diri danlingkungannya dan mencoba mencari solusi yang bersifat damai, bahwa peaceis beautiful.Kata Kunci: Sekolah, Pembelajaran, Agen Bina Damai

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

An-Nidzam

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Other

Description

An-Nidzam mengajak para cendekiawan, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil kajian dan penelitiannya di bidang-bidang yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan, Islam, masyarakat Muslim, yang meliputi kajian tekstual dan kerja lapangan dengan berbagai perspektif Pendidikan, Pembelajaran, ...