Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic

Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Kinali Melalui Teknik Kalimat Mengalir

Aidil Yamin (SMA Negeri 1 Kinali)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kemampuan menulis peserta didik sangat rendah, sehingga mengalami kesulitan dalam mengungkapkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah dan model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut pendidik sebagai fasilitator perlu mencari kiat tertentu dalam pembelajaran seperti memilih model, media pembelajaran yang tepat, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta menyesuaikan materi pembelajaran dengan situasi dan kondisi di kelas. Dalam mengatasi masalah pembelajaran keterampilan menulis siswa X IPS.1 SMAN 1 Kinali semester I disajikan pembelajaran keterampilan menulis melalui teknik kalimat mengalir yang dipadukan dalam empat aspek keterampilan berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah Apakah penerapan teknik kalimat mengalir dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X IPS 1 semester 1 tahun 2019/2020 di SMAN 1 Kinali. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus.masing- masing siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 semester I SMAN 1 Kinali Jumlah seluruh siswa kelas X IPS 1 yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 33 siswa.yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan ternyata terjadi peningkatan. Mulai 65.61 % tahap observasi meningkat menjadi 75.69 siklus I dan meningkat lagi 84.39 pada siklus II.dengan tingkat keberhasilan mulai 21.21% pada tahap awal 75%.75% siklus 1, dan 81.81% pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun ...