Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 10, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN KETERAMPILAN SENSORIMOTOR MELALUI SHINING SAND BOX MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A1 DI RA NURUL MUSLIMIN KUBU RAYA

Subekti, Atika Diah (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Diana, Diana (Unknown)
Yuniarti, Yuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang memiliki kelemahan dalam mengembangkan kemampuan sensorimotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan shining sand box media dapat meningkatkan kemampuan sensorimotor anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi instrumen penilaian, hasil wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa subyek penelitian mengalami peningkatan kemampuan sensorimotor 80% dalam kriteria berkembang sangat baik pada masing-masing indikator penilaian. Indikator penilaian menjumput pasir mencapai hasil berkembang sangat baik sebanyak 88,09%, indikator penilaian menirukan pola mencapai hasil berkembang sangat baik sebanyak 94,04%, dan indikator penilaian menggambar di atas pasir sesuai tema mencapai hasil berkembang sangat baik sebanyak 83,03%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shining sand box media dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan sensorimotor anak.Kata kunci: Sensorimotor, media pasir, shining sand box media. AbstractThis research is motivated by children who have weaknesses in developing sensorimotor abilities. The purpose of this study was to prove that using shining sandbox media can improve children's sensorimotor abilities. The research method uses a descriptive qualitative approach in the classroom action research method. The data collection tool used an assessment instrument observation sheet, interview results, and documentation. The results in this study show that the research subjects experienced an 80% increase in sensorimotor abilities in the criteria for developing well on each assessment indicator. The assessment indicator for sand picking achieved very good development results as much as 88.09%, the assessment indicator imitating the pattern achieved excellent development results as much as 94.04%, and the drawing on sand assessment indicator according to the theme achieved very good development results as much as 83.03%. The results showed that the shining sandbox media can be used as a medium to improve children's sensorimotor abilities.Key word: Sensorimotor, sand media, shining sand box media. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...