Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1, No 2 (2020)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Dahliana Hersiany (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatiftipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentangPerumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengukurbesarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar pesertadidik di Kelas VII A semester 1 SMP Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,15 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menjadi 72,94 pada siklus 1 dan 81,32 pada siklus 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakansituasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...