Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan Model PembelajaranStudent Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. (2) Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengarsebelum dan sesudahmenggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. (3) Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar msesudah menggunakan Model Pembelajaran Student TeamAchievement Division (STAD) di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkanhasil belajar peserta didik di Kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. Sebelummenggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 61,41 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)menjadi 70,31 pada siklus 1 dan 76,72 pada siklus 2. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasibelajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan Model Pembelajaran Student TeamAchievement Division (STAD) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan KotaBogor.
Copyrights © 2021