Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN VIDEO EDITING DI SMK DEWANTARA KABUPATEN BOGOR

Nabiih Shidqii Mushoddaq (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Mohammad Muhyidin Nurzaelani (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran CD Interaktif untuk Pembelajaran Video Editing di SMK Dewantara Kabupaten Bogor untuksekolah kejurusan multimedia dan mengetahui kelayakan CD Interaktif ini berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, serta pendapat dari peserta didik.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannyaada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi),namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi guru multimedia di SMK Dewantara KabupatenBogor, dan ahli pembelajaran. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas XI SMK Dewantara Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran CDInteraktif untuk pembelajaran Video Editing sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli media diperoleh total skor 88,00 jika dipersentasekan mendapat nilai 95,65%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli Materi diperoleh total skor 89,00 jika dipersentasekan mendapat nilai 82,40%, sehingga termasuk kategori “SangatLayak”, dan 3) Ahli Pembelajaran total skor 113,00 jika dipersentasekan mendapat nilai 91,12%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik terhadapmedia ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 70% setiap indikatornya. Dengan demikian mediapembelajaran CD Interaktif untuk pembelajaran Video Editing ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Video Editing

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...