Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 2, No 01 (2021): JP-IPA: Mei 2021

PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA TERPADU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 KOTA BIMA

Amran Amir (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
Nikman Azmin (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
Irma Rubianti (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
O. Olahairullah (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penggunaan laboratorium yang kurang tepat dari guru dan siswa menyebabkan siswa mempunyai sikap dan kebiasaan belajar yang kurang menguntungkan, apalagi sekolah yang dalam pelaksanaanya dan penerapan praktikum sangat kurang, akan menyebabkan proses belajar mengajar kurang  termotivasi  sehingga prestasi belajar yang di peroleh siswa tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Empiris yang bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Tingkat Penggunaan Laboratorium IPA Terhadap Peningkatan  Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Siswa Kelaas VIII SMP Negeri 07 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kota Bima yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 40 orang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa  nilai rata-rata belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori cukup dengan nilai 0,62. Terdapat hubungan antara tingkat penggunaan laboratorium dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu dengan hasil 4,851,68 nilai F hitung hasil analisa data 4,85 lebih besar dari 1,68 (nilai dalam F-tabel), dengan jumlah responden 14 siswa. Hasil belajar siswa mempunyai hubungan dengan pengunaan laboratorium, disamping pengaruh dari luar yang menjadi faktor keberhasilan belajar siswa, terdapat pula faktor internal dari siswa itu sendiri dengan peningkatan motivasi yang dimilikinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...