Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 2, No 2 (2021): JP-IPA: November 2021

Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi Tahun Pelajaran 2021/2022

Aswadin Aswadin (STKIP Bima)
Nikman Azmin (STKIP Bima)
Bakhtiar Bakhtiar (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2021

Abstract

Proses  belajar  mengajar  Biologi  tidak  selamanya  berjalan  efektif, karena masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar Biologi. Semakin variasinya pembelajaran sekarang, semakin sulit bagi siswa SMPN 8 Soromandi Satu Atap untuk memahami pembelajaran Biologi yang berkaitan dengan Peredaran Darah Pada Manusia. Hal ini disebabkan guru dalam menyampaikan  materi kurang adanya variasi metode dan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Hasil temuan peneliti sebelum siklus I menunjukan bahwa rata-rata kelas pada siklus I dan  II hasil belajar bidang studi Biologi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Soromandi adalah 66 dengan prosentase ketuntasan sebanyak 26 orang atau 87%. Bila mengacu pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yang ditetapkan untuk pembelajaran Biologi yaitu dengan KKM ≥ 70, dan prosentase ketuntasan 85% dari jumlah siswa yang ikut tes, maka dapat dinyatakan bahwa hasil siklus III ini telah memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...