Proses belajar mengajar Biologi tidak selamanya berjalan efektif, karena masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar Biologi. Semakin variasinya pembelajaran sekarang, semakin sulit bagi siswa SMPN 8 Soromandi Satu Atap untuk memahami pembelajaran Biologi yang berkaitan dengan Peredaran Darah Pada Manusia. Hal ini disebabkan guru dalam menyampaikan materi kurang adanya variasi metode dan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Hasil temuan peneliti sebelum siklus I menunjukan bahwa rata-rata kelas pada siklus I dan II hasil belajar bidang studi Biologi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Soromandi adalah 66 dengan prosentase ketuntasan sebanyak 26 orang atau 87%. Bila mengacu pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yang ditetapkan untuk pembelajaran Biologi yaitu dengan KKM ≥ 70, dan prosentase ketuntasan 85% dari jumlah siswa yang ikut tes, maka dapat dinyatakan bahwa hasil siklus III ini telah memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas.
Copyrights © 2021