Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 2, No 01 (2021): JP-IPA: Mei 2021

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN IPA TERP

Amran Amir (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
Nikman Azmin (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
Irma Rubianti (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)
O. Olahairullah (Sekolah Tinggi Keguruan san Ilmu Pendidikan (TKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan model pembelajaran Index Card Match guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Penelitian ini difokuskan pada materi operasi hitung bilangan bulat yang dipelajari peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Kota Bima pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data kulitatif diperoleh dari observasi proses pembelajaran dan aktivitias belajar sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bima dalam pelajaran IPA Terpadu. Hasil Penelitian bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match  mampu  meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi IPA Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bima. Pihak sekolah sepatutnya mendukung dan menganjurkan para guru mata pelajaran apapun, terkhusus IPA untuk menciptakan proses  pembelajaran  yang  aktif, kreatif, dan inovatif sehingga peserta didik akan lebih bersemangat, termotivasi, dan menikmati proses pembelajaran yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan hasil belajar mereka di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...