Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yang berisi panduan untuk mngembangkan aspek kognitif menjadi kewajiban yang harus dilaksankan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar karena memudahkan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, misalnya dalam mengubah kondisi belajar yang semula berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered), membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga tercapainya hasil belajar yang optimal dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Tujuan penelitian untuk mengetahui Karakteristik Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pelajaran biologi materi sel. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) melalui 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan lembar kerja model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share menunjukkan secara umum perangkat pembelajaran pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran Kooperatif Think Phair Share (TPS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta, dapat dijadikan referensi penunjang keefektifan proses pembelajaran yang memberikan nuansa baru dalam pembelajaran biologi khususnya materi sel pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta.
Copyrights © 2021