Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 2, No 01 (2021): JP-IPA: Mei 2021

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PHAIR SHARE) PADA MATERI SEL KELAS XI

Erni Suryani (STKIP Bima, Nusa Tenggara Barat)
N. Nurfathurrahmah (STKIP Bima, Nusa Tenggara Barat)
Nikman Azmin (STKIP Bima, Nusa Tenggara Barat)
A. Andang (STKIP Bima, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yang berisi panduan untuk mngembangkan aspek kognitif menjadi kewajiban yang harus dilaksankan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar karena memudahkan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, misalnya dalam mengubah kondisi belajar yang semula berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered), membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga tercapainya hasil belajar yang optimal dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Tujuan penelitian untuk mengetahui Karakteristik Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pelajaran biologi materi sel. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) melalui 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan lembar kerja model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share menunjukkan secara umum perangkat pembelajaran pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran Kooperatif Think Phair Share (TPS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta, dapat dijadikan referensi penunjang keefektifan proses pembelajaran yang memberikan nuansa baru dalam pembelajaran biologi khususnya materi sel pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...