KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
Vol 5, No 1 (2021): Peran Generasi Milenial Bertalenta Digital Pada Era Society 5.0

Penerapan Metode SMART Dalam SIstem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Layak Huni (Studi Kasus : Desa Menggala Teladan)

Eka Pratiwi Sumantri (Universitas Budi Darma, Medan)
Dito Putro Utomo (Universitas Budi Darma, Medan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Rumah atau tempat tinggal adalah salah satu aspek dari kesejahteraan masyarakat yang harus terpenuhi. Karena sebuah rumah merupakan kebutuhan hidup manusia yang utama dan yang paling penting untuk manusia berlindung, mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itu pemerintah berupaya membuat program Bantuan Rumah Layak Huni supaya lebih banyak masyarakat yang dapat berlindung pada rumah yang layak dan nyaman. Program Bantuan Rumah Layak Huni sudah diterapkan pada Desa Menggala Teladan namun kenyataan di lapangan kegiatan Bantuan Rumah Layak Huni ini banyak terjadi ketidakadilan atau tidak tepat sasaran. Oleh karna itu salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan menerapkan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) itu sendiri merupakan salah satu dari metode sistem pendukung keputusan, dimana metode SMART ini teknik pengambilan keputusannya multi kriteria didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan dengan kriteria lain. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif terbaik. Dengan adanya Sistem Pendukung KeputusanĀ  (SPK) dan metode ini diharapkan dapat membantu pihak Kantor Kepenghuluan Menggala Teladan dalam mengambil keputusan penerimaan bantuan rumah layak huni yang tepat dan meningkatkan objektif dari keputusan tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) adalah wadah publikasi bagi peneliti dalam bidang kecerdasan buatan, kriptografi, pengolahan citra, data mining, system pendukung keputusan, mobile computing, system operasi, multimedia, system pakar, GIS, jaringan ...