JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia)
Vol 6, No 2 (2021)

Peningkatan Pangsa Pasar Kelompok UMKM melalui Penjualan Online dan Offline di Kelurahan Rungkut Menanggal

Endang Siswati (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Fakhri Achmad Rinaldi (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Reti Istifadatul Qoiroh (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Nadhila Alda Almira (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Riko Ramadhan Ariyanto (Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Peningkatan pangsa pasar melalui penjualan online dan offline dengan sasaran UMKM, ibu-ibu PKK, dan kelompok Karang Taruna yang dilakukan oleh tim pengabdian dengan merencanakan beberapa program pada masa pandemi Covid-19. Program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mencapai tujuannya itu membantu kelompok UMKM dikelurahan Rungkut Menanggal dalam meningkatkan pangsa pasar usahanya melalui pelatihan dan implementasi program serta keberlanjutan program. Metode pelaksanaan program menggunakan langkah, yaitu: 1) Tahap persiapan meliputi mengidentifikasi potensi dan menganalisis permasalahan didalam masyarakat perancangan program), 2) Tahap pelaksaan antara lain mencakup metode observasi lapangan untuk mengetahui kondisi lapangan, 3) Tahap implementasi yaitu sosialisasi dan pelatihan, dan 4) Tahap evaluasi program antara lain mengevaluasi hasil program pengabdian kepada masyarakat terhadap kelompok UMKM. Kegiatan ini memberikan hasil antara lain pelatihan dan implementasi pemasaran online dan offline disertai pemberian bantuan sarana produksi dan pemasaran berupa stiker dan kemasan produk, serta penyebaran brosur sangat cocok dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi, serta mampu meningkatkan stabilitas UMKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) ISSN 2548-3463 (online) adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang pengabdian ...