CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 3, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN MODUL HAKIKAT ILMU KIMIA BERBASIS SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN

Mareti Hulu (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera)
Lisa Ariyanti Pohan (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera)
Hasrita Lubis (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis saintifik pada materi hakikat ilmu kimia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Modul pembelajaran yang digunakan telah dikembangkan dan telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli guru kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan metode Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrument tes. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji efektifitas pengaruh modul hakikat ilmu kimia berbasis saintifik adalah quasi eksperimen Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Al-Washliyah 1 Medan, yang terdiri 30 orang untuk kelas eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran dan 30 orang untuk kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Modul hakikat ilmu kimia berbasis saintifik efektif digunakan dalam pembelajaran untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini didukung oleh hasil analisis data N-Gain. Kelas eksperimen menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan dengan nilai N-Gain sebesar 1,45  kategori tinggi. Sementara hasil analisis data  N-Gain pada kelas kontrol terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis yang kurang signifikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,37 kategori sedang. Modul sangat menarik bagi siswa untuk dipelajari. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis angket yang menunjukkan bahwa persentase respons siswa terhadap penggunaan modul mencapai 81,56% dengan kriteria baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...