Jurnal Kreativitas PKM
Volume 4 Nomor 6 Desember 2021

Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di Era New Normal

Albet Maydiantoro (Universitas Lampung)
Muhammad Thoha B.Sampurna Jaya (Universitas Lampung)
Widya Hestiningtyas (Universitas Lampung)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan Judul Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di era new normal (Masyarakat Terdampak Tsunami Anak Gunung Krakatau) di desa Kunjir, Lampung Selatan mempunyai tujuan untuk meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM di desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki agar operasi bisnis relevan dengan perkembangan zaman. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan ialah dengan tahapan identifikasi awal (Fase Pra Pendampingan), kemudian dilanjutkan Fase pendampingan (pelatihan dan Pembimbingan) dan yang terakhir ialah Pasca Pendampingan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM tentang digitalisasi marketing. Kemudian diperoleh data akhir bahwa sebesar 87 % pelaku UMKM di Desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan dapat membuat media pemasaran secara online melalui aplikasi Marketplace di Facebook, Shopee, Bukalapak, dan WhatsApp, namun terdapat 13 % pelaku UMKM belum dapat membuat media pemasaran secara online. Kata Kunci: UMKM; Digitalisasi; Marketing; Lampung Selatan  ABSTRACT Implementation of Community Service with the title MSME Assistance Towards Marketing Digitalization Awakening Efforts in the New Normal (Communities Affected by the Tsunami of the Children of Mount Krakatau) in Kunjir village, South Lampung has the aim of increasing the competence of MSME actors in Kunjir village, South Lampung regency in utilizing technology to develop the business they have so that business operations are relevant to the times. The community service method used is the initial identification stage (Pre Mentoring Phase), followed by the Mentoring Phase (training and Guidance), and the last is Post Mentoring. Based on the implementation of community service activities that have been carried out, the results show an increase in the knowledge and skills of MSME actors regarding the digitalization of marketing. Then the final data obtained that 87% of MSME actors in Kunjir Village, South Lampung Regency can create online marketing media through the Marketplace application on Facebook, Shopee, Bukalapak, and WhatsApp, but there are 13% of MSME actors who have not been able to create online marketing media. Keywords: MSM; Digitalization; Marketing; South Lampung

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...