OPTIMA
Vol 4, No 1 (2020)

PERAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG

Poppy Indrihastuti (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Mulimatul Amaniyah (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Pajak adalah suatu pembayaran yang wajib dikeluarkan warga berdasarkan undang-undang yang berlaku. Pajak reklame salah satu pajak yang harus diberikan kepada pemerintah daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah (APD), baik berupa reklame yang dipasang di media online maupun offline. Di Kota Malang, penerimaan pajak ini sangat memiliki peranan penting untuk menambah biaya pembangunan Kota Malang.Penelitian yang telah dilakukan ini mengkaji tentang sejauh mana peran pajak reklame terhadap pendapatan Kota Malang. Metode yang peneliti gunakan adalah metode kuantitatif dengan data berupa dokumentasi laporan keuangan pajak Kota Malang dari tahun 2011 - 2016. Hasil penelitian membuktikan bahwa kontribusi Pajak Reklame cukup tinggi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang pada tahun 2011 berjumlah 5,35%, tahun 2012 berjumlah 4,02%, tahun 2013 terjadi peningkatan sejumlah 4,49%, tahun 2014 berjumlah 6,92%, tahun 2015 berjumlah 6,17% dan tahun 2016 berjumlah 5,90%. Hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang ialah memberikan sosialisasi pada masyarakat berkaitan dengan tarif dan tata cara perhitungan pajak reklame sehingga wajib pajak mudah dalam pembayarannya pajak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Optima

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial Semua hal yang berkaitan dengan hasil penelitian atau pemikiran dibidang agribisnis, ekonomi, dan ...