JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 3 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2017/2018

Mulya Yusnarti (Unknown)
Nur Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan ada pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri 19 Woja tahun pembelajaran 2017/2018. Pola linieritas dan mempunyaihubungan pegaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat hasil perhitungan secara linieritas ini didapatkan FHitung= 12,67> FTabel = 8,6 dan uji hipotesis hubungan didapatkan 0,48003511>0,388. Setelah mendapatkan nilai koefisien korelasi ditentukan koefisien determinasi antara X dan Y adalah kuadran r2 = 0,2305, yang mengandung makna bahwa 23,05% pengaruh pemberian tugas yaitu proses pembelajaran yang pernah diberikan, dikerjakan, serta dapat dipahami siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA, melalui persamaan regresi Y=66,5578 + 0,105959X, maka kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat korelasi positif antara pemberian tugas terhadap hasil belajar IPA siswa SD Negeri 19 Woja Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...