JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 1 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Tingkat Kepuasan Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Individual (Studi Empiris di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun)

Mudjijanti, Fransisca (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang: 1) Harapan (tingkat kepentingan) siswa atas layanan konseling individual; 2) Kenyataan (tingkat kepuasan) yang diterima siswa atas layanan konseling individual; 3) Harapan (tingkat kepentingan) siswa atas layanan konseling individual berdasarkan dimensi kualitas layanan; 4) Kenyataan (tingkat kepuasan) yang diterima siswa atas layanan konseling individual berdasarkan dimensi kualitas layanan; 5) Adanya gap antara harapan dan kenyataan yang diterima siswa atas layanan konseling individual. Populasi penelitian adalah siswa SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun yang pernah mengikuti layanan konseling individual pada tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 50 siswa. Karena jumlah populasi kecil, seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian, dengan teknik total sampling. Analisis data dengan teknik statistik dekriptif. Hasil analisis adalah : 1) Harapan (tingkat kepentingan) siswa memanfaatkan layanan konseling individual berada pada kategori sangat penting, yaitu sebanyak 72%; 2) Kenyataan (tingkat kepuasan) yang diterima siswa memanfaatkan layanan konseling individu berada pada kategori sangat memuaskan, yaitu sebanyak 80%; 3) Harapan (tingkat kepentingan) siswa memanfaatkan layanan konseling individual berdasarkan dimensi kualitas layanan berada pada kategori sangat penting untuk dimensi kehandalan, empati, dan bukti fisik, sedang dimensi daya tanggap, dan kepastian pada kategori penting; 4) Harapan (tingkat kepentingan) siswa memanfaatkan layanan konseling individual berdasarkan dimensi kualitas layanan berada pada kategori sangat penting untuk dimensi kehandalan, empati, dan bukti fisik, sedang dimensi daya tanggap, dan kepastian pada kategori penting; 5) Ada gap antara harapan atau tingkat kepentingan siswa dan kenyataan atau tingkat kepuasan siswa dalam memanfaatkan layanan konseling individual pada dimensi kehandalan, empati, dan bukti fisik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...