JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 3 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Mts Darul Huda Kp. Cimuncang Kabupaten – Tasikmalaya

Andi, Dede (Unknown)
Abid, Muhamad (Unknown)
Sunarsi, Denok (Unknown)
Akbar, Irfan Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menjelaskan bagaimana Implementasi pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifan lokal di MTS Darul Huda Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui observasi, pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Lokasi penelitian ini berada pada Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian adalah pendidikan karakter sudah diterapkan dalam pembelajaran siswa khususnya MTs Darul Huda yaitu dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Termasuk di dalamnya adalah proses sosialisasi kepada semua elemen yang berkaitan untuk nantinya melakukan implementasi dengan baik, masih adanya penurunan moral terhadap remaja atau siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan dan pendidikan berkarakter harus berjalan secara baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...