JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 1 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Integrasi Ilmu M. Amin Abdullah dan Kuntowijoyo

Juhana, Hendri (Unknown)
Natsir, Nanat Fatah (Unknown)
Haryanti, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang integrasi ilmu M. Amin Abdullah dan Kuntowijoyo. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bangunan pemikiran Jaring laba-laba keilmuan Amin Abdullah adalah sebuah peta konsep yang menggambarkan paradigma bangunan keilmuan. Peta konsep ini adalah sebuah epistemologi teoantroposentrik-integralistik memadukan antara wahyu, pemikiran, teori, dan berbagai isu kontemporer. Bangunan epistemologi pemikiran Amin Abdullah ini merupakan pengembangan dari para ilmuan sebelumnya, baik dari kalangan Islam maupun Barat. Akan tetapi, konsep integrasi antara Islam dan ilmu pengetahuan Kuntowijoyo adalah upaya “demistifikasi Islam”, Kuntowijoyo menggunakan istilah pengilmuan Islam yang merupakan gerakan dari teks ke konteks. Pengilmuan Islam mempunyai dua metodologi yaitu integralisasi dan Objektifikasi yang bertujuan untuk mengakrabkan antara Islam dan ilmu untuk untuk mencegah ilmu sekuler masuk dan menyebar di tengah masyarakat muslim.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...