MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS 5

Wiranti, Ayu Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Proses pembelajaran dan hasil pembelajaran di SD N Gendongan 01 Salatiga masih rendah. Belum tercapai tujuan pembelajaran karena cara dan model mengajar guru saat mengajar kurang tepat. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup mencakup 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian 2 siklus menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa siklus 1. Aktivitas belajar siswa terlihat jelas yaitu pada siklus I pertemuan I persentase aktivitas siswa mencapai 60%  meningkat dibanding dengan pra siklus. Pada pertemuan kedua naik mejadi 70% atau naik 10%. Pada siklus II pertemuan I persentase aktivitas siswa mencapai 75% dibanding siklus I, sedangkan pada siklus II pertemuan II persentase akativitas siswa mencapai 80% atau naik 5%. Siklus I terlihat peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa dengan presentae 77% dan 9 siswa ysng nilainya belum tuntas atau dibawah KKM 65 dengan presentase 23%. Siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 65 sebanyak 33 siswa dengan pesentase 84,6%, dan terdapat 6 siswa yang masih dibawah KKM 65 atau belum tuntas dapat ditulis dengan presentase 15,4%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)  dapat meeningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...