Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 5 No 1 (2022): Article Research Volume 5 Number 1, Januari 2022

Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe di kota Batam.

Hanny Hanny (universitas Internasional Batam)
Krisyana Krisyana (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Pada era globalisasi sekarang, industri jasa seperti usaha makanan dan minuman sedang berkembang pesat di Indonesia. Dari segi penataan makanan dan minuman yang unik, bagus dan kreatif membuat masyarakat ingin mengonsumsinya. Salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat adalah makanan penutup. Dengan semua data survei yang diisi oleh peserta survei, maka peneliti dapat meneliti dan mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, citra merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe di Kota Batam. Data yang telah terkumpul dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui internet dan di analisa oleh peneliti untuk membuktikan bahwa variabel-variabel yang bersifat independen seperti kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan dapat berpengaruh pada variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan. Setiap variabel ini telah diteliti sebelumnya sehingga peneliti dapat memilih keempat variabel ini sebagai bahan penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah penduduk yang tinggal di Kota Batam, penduduk yang pernah mengunjungi kafe di Kota Batam, dan penduduk yang pernah memesan makanan penutup di kafe Kota Batam. Isi penelitian ini dapat berguna bagi berbagai pihak organisasi pariwisata. Tujuan dilakukan penelitian pada variabel kualitas pelayanan, citra merek, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan untuk menambahkan karya ilmiah dan untuk referensi bagi pembaca. Hasil dari penelitian pada variabel independen terdapat pengaruh positif terhadap variabel dependen.

Copyrights © 2022