cover
Contact Name
Muhammad Khoiruddin Harahap
Contact Email
choir.harahap@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
choir.harahap@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Padang Sidempuan No. 98 Kecamatan Sarudik – Kabupaten Tapanuli Tengah – Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota sibolga,
Sumatera utara
INDONESIA
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
ISSN : 26143259     EISSN : 25993410     DOI : 10.36778/jesya
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 857 Documents
Peningkatan Kinerja Pegawai Ditinjau dari Aspek Lingkungan Kerja pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sibolga Yacub Hutabarat
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.71 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.1

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerjaterhadap kinerja pegawaipada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sibolga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif korelasional, yang menguraikan dan memberikan penjelasan tentang hubungan antara variabel X (independen) sebagai variabel bebas yang mempengaruhi dan variabel Y (dependen) sebagai variabel terikat yang dipengaruhi. Dimana yang menjadi variabel bebas adalah lingkungan kerja dan variabel terikat adalah kinerja pegawai.Dari hasil perhitungan statistikal diketahui bahwa kedua variabel mempunyai hubungan sebesar 0,69 dan apabila diinterprestasikan dalam skala nilai maka dikategorikan cukup, Selanjutnya dari hasil persamaan regresi, diperoleh persamaan Y= 14,40 + 0,58 X yang menunjukkan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Kemudian besarnya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 0,80 apabila variabel lingkungan kerja ditambah satu satuan. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai, dimana t hitung > t tabel ( 5,4307 > 2,0395 ).Berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 48 %, hal ini bermakna bahwa variabel kinerja pegawai ditentukan variabel lingkungan kerja dan sisanya52 % ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas oleh penulis dalam penelitian ini.
Analisis Akuntabilitas Kerja Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Perizinan (Studi Kasus di Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah) Zafril Abdi Nasution
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.001 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui akuntabilitas kerja berpengaruh terhadap pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan perizinan pada Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Adapun hipotesis penelitian ini adalah :Akuntabilitas kerja berpengaruh terhadap pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan perizinan pada Kantor Camat Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Badiri dan sampel dalam penelitian berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden, menunjukkan hubungan antara akuntabilitas kerja terhadap pelayanan adalah kuat, dimana koefisien korelasi diperoleh 0,63Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh 39,69%. Berdasarkan model regresi linear sederhana yang diperoleh persamaan regresi adalah Y = 2,50 + 0,67x menunjukkan hubungan antaraakuntabilitas kerja terhadap pelayanan kearah yang positif.Berdasarkan uji t diperoleh sebesar 8,09 dan ttabel =1,980, maka dapat dikatakan thitung > dari ttabel dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha dapat diterima. Disarankan dari segi pelayanan publik, hal yang perlu ditingkatkan adalah kualitas yang sudah dibangun untuk menciptakan kepuasan masyarakat dipertahankan dengan sikap ramah pegawai, berpenampilan baik serta mengerti kebutuhan dan menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Selain itu pelayanan hendaknya dilakukan secara lebih mudah cepat dan sesuai dengan prosedur dan perundang-undangan yang berlaku.
Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tapanuli Tengah Safriadi Pohan; Ismael Hutabarat
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.585 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.3

Abstract

Manajemen keuangan merupakan ilmu dan seni dalam mengelola keuangan yang mempengaruhi instansi dalam pengambilan keputusan,yang biasanya berupa asset yang dibutuhkan dan penggunaan dana seefisien mungkin. Kesuksesan suatu perusahaan atau instansi ditentukan dari kualitas kinerja para aparaturnya.Pada penelitian ini dilakukan beberapa pengujian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara penerapan manajemen keuangan terhadap kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara.Dari perhitungan koefisien korelasi, untuk melihat hubungannya diperolehsebesar0,89. Hal ini termasuk dalam tingkat korelasi sempurna. Untuk melihat seberapa besar pengaruhnya dilakukan perhitungan koefisien determinasi, dan hasil yang diperoleh sebesar 79% dan sisanya sebesar 21% ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, seperti variabel kepemimpinan, kompensasi, sumber daya manusia dan lain-lain.Untuk mengetahui apakah hipotesis yang ditawarkan ditolak atau diterima, maka dilakukan uji hipotesis dengan cara membandingkan nilai t hitung dengan nilai t tabel dan hasil yang diperoleh : Nilai t hitung ˃ dari nilai t table ( 16,05 ˃ 0, 64 ) ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan pada Bab I dapat “ diterima “
Analisis Kinerja Keuangan Koperasi pada Kospin Jasa Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Online H. Muhammad Arif Kurniawan; Aria Mulyapradana
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.529 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan OHC, BOPO, ROA, dan LDR pada Kospin Jasa sebelum penerapan online dan sesudah penerapan online. Populasi penelitian ini adalah Kospin Jasa sejumlah 30 kantor cabang. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purpose sampling dengan menetapkan kriteria sampel. Kriteria saham-saham yang akan dilakukan penelitian untuk dijadikan sampel penelitian adalah sebagai berikut: Kospin Jasa yang mempunyai OHC dan ROA positif selama periode amatan. Dari 30 Kospin Jasa diperoleh sampel sebanyak sebanyak 22 Kospin Jasa. Penelitian diuji dengan menggunakan Uji beda paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan OHC, BOPO, ROA, dan LDR pada Kospin Jasa sebelum penerapan online dan sesudah penerapan online. Kata Kunci:Analisa, Keuangan, Koperasi, Kospin Jasa dan Sistem Online
Pengaruh Motif Batik Suminar Khas Kediri Dalam Meningkatkan Penjualan Suminar Batik Kediri Ustadus Sholihin
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.363 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.6

Abstract

Batik merupakan ciri khas daerah atau wilayah bahkan bisa mencirikan suatu negara. Era sekarang ini bisnis batik mengalami perkembangan yang cukup siknifikan, dengan bukti menjamurnya UKM di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan latar belakang secara umum tersebut peneliti berusaha mengambil topik tentang batik khas Kediri yang di produksi Oleh Joglo Suminar Batik Kediri. Joglo Suminar Batik Kediri mempunyai 5 motif batik khas kediri, diantaranya ada batik motif Flora, Motif fauna, motif seni budaya, motif wisata dan motif sosial. Kelima motif tersebut akan kami teliti sebagai variabel independent dan variabel dependentnya adalah omset penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini uji multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Normalitas, Uji F ,Uji t dan Uji koefisien determinasi. Berdasarkan uji multikolinearitas dari 5 variabel yang di teliti, 2 mengandung multikolinearitas dan 3 variabel terbebas dari multikolinearitas. 2 Variabel tersebut adalah variable motif flora dan motif fauna. Tiga variable yang terbebas dari multikolinearitas adalah motif senibudaya, motif wisata, motif social. Hasil dari Uji Autokorelasi diperoleh nilai Durbin-Watson sebesar 0,450 berada pada posisi terjadi auto korelasi positif. Berdasarkan Uji Kelayakan Model, atau uji F model regresi yang diestimasikan layak. Hasil Uji koefisien determinasi, menghasilkan R Square yang sangat siknifikan sebesar 0,887. Hasil Interpretasi Model, diperoleh persamaan regresi y =14,429 +(-0.011)x1+0,236x2+0,021x3+0,267x4+(-0,212)
Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Muhammad Ras Muis; J Jufrizen; Muhammad Fahmi
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.614 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.7

Abstract

This study aims to determine the effect of partial and simultaneous organizational culture and organizational commitment to the performance of employees. The population is the sum total of the object of research. The population in this study is all employees who exist in PT Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan, which amounts to 60 people. Due to the small number of employees in the company, this study did not use sampling. So the sample in this study is the total number of employees at PT Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan, which amounts to 60 people. Data collection techniques in this study is a list of questions (questioner), study documentation and interviews (interview). While the data analysis technique used is multiple linear regression, classical assumption test, t-test, and F test and determinant coefficient. The result of this research shows that there are positive and significant influence of organizational culture on performance, and there are positive influence and significant organizational culture and organizational commitment to employee performance.
Pengaruh Faktor Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Aido Mini Plaza Sibolga Misran Tanjung; Harris Hutagalung
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 1 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 1 Januari 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.653 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i1.8

Abstract

Stres sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses pikiran dan kondisi fisik seseorang. Penelitian ini berpusat padapengaruh faktor stres kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Aido Mini Plaza Sibolga. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 114 orang. Pada penarikan sampel dengan cara Disproportionate Stratified Random Sampling diperoleh jumlah sampel 53 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan kualitatitif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi pearson product moment diperoleh 0,788, artinya hubungan faktor stres kerja terhadap produktivitas kerja tergolong hubungan/korelasi kuat.Koefisien determinasi diperoleh 62,1%, hal ini menunjukkan bahwa produktivitas kerja dapat dipengaruhi olehfaktor stres kerja sebesar 62,1%.Dari uji hipotesis dalam penelitian diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai t tabel (9,162 > 2,007), berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, Hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 13,41 + 0,76X artinya yang menunjukkan kearah positif. Berdasarkan hasil uji F Hitung diperoleh 83,622 sedangkan Ftabel sebesar4,03 dari hasil ini diketahui F hitung > F tabel, dan signifikansi 0,000 atau ≤ α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan Hoditolak dan Haditerima. Untuk memperkecil stres kerja pada aktivitas di PT. Aido Mini Plaza Sibolga dengan cara meningkatkan hubungan yang harmonis antara atasan dan karyawan menjalin kerjasama yang baik antar rekan kerja dan memberi tugas yang sesuai dengan kemampuan karyawan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 OOREDOO Slamet Heri Winarno; Bryan Givan; Yudhistira Yudhistira
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 2 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 2 Periode Juni 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.011 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i2.9

Abstract

Penggunaan jaringan internet dan telepon yang telah menyebar ke daerah terpencil membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif dalam melakukan pembelian pulsa mereka sendiri. Dengan meningkatnya frekuensi penggunaan komunikasi dan data internet, Indonesia menjadi negara yang menguntungkan bagi operator seluler. Pada pertengahan 2015, Indosat memiliki 68,5 juta pelanggan, naik 24,7% dibanding periode yang sama tahun lalu 54,9 juta pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu loyalitas pelanggan khususnya kualitas dan harga produk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan sampel 100 mahasiswa pengguna IM3 Ooredoo dari tiga perguruan tinggi di Jabodetabek. Hasil peneltian menunjukkan nilai R square sebesar 62,9% , yang mengindikasikan loyalitas pelanggan ditentuka oleh kualitas produk dan harga secara posistif dan signifikan dengan persamaan regresi Y = 2, 942 + 0, 683 X1 +0, 346 X2. Terjadi hubungan atau pengaruh dalam menciptakan loyalitas pelanggan baik secara simultan atau parsial.
Analisis Pembiayaan Murabahah pada BMT Mila Alfiani; Aan Zainul Anwar; Darwanto Darwanto
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 2 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 2 Periode Juni 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.953 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i2.10

Abstract

Financing is one of the function of bank or microfinance institutions such as BMT, it is a facilitation of funds for the part of deficit unit. And now murabahah is the most popular transactions in the islamic financial institusions. This study was condacted on KSPPS BMT AMAN UTAMA Jepara. This study aims to analysis operationalization of murabahah financing, analysis of calculation and accountancy of murabahah, comparation the operationalization murabahah in KSPPS BMT AMAN UTAMA with Fatwa Council of Sharia National (DSN MUI), and also analysis perception of member KSPPS BMT AMAN UTAMA about murabahah financing. The method used in this study use a qualitative method using a case study approach. This study found that the operationalization of murabahah financing in KSPPS BMT AMAN UTAMA is differentiated by the process of purchasing item. There are item which bought by BMT and there are items which bought by the member (delegated). This is what makes the murabahah financing in KSPPS BMT AMAN UTAMA can not fully match with Fatwa Council of Sharia National (DSN MUI) about murabahah financing. Beside that, the other case that not match with the Fatwa Council of Sharia National (DSN MUI) are the rule about discount/cash back and also the rule about piece repayment. This study also found that the member of KSPPS BMT AMAN UTAMA still common or not understand about murabahah financing although the company have explained about murabahah financing.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bank Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (2013-2017) Hartanti Hartanti
Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) Vol 1 No 2 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 2 Periode Juni 2018
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.475 KB) | DOI: 10.36778/jesya.v1i2.12

Abstract

Performance is a tool to evaluate the success of the company in running its business. This study aims to examine the performance factors of Foreign Exchange Banks Listed on the Indonesia Stock Exchange. Performance factors in this study were measured by the ratio of CAR, NPL, LDR, BOPO, GWM while Performance measured by ROA. This study uses quantitative analysis with multiple linear regression model to test the influence of these factors on the performance of foreign exchange banks simultaneously or partially. The results showed that there was a significant and simultaneous influence between CAR, NPL, LDR, BOPO, GWM on Foreign Exchange Bank ROA. Coefficient of determination simultaneously CAR, NPL, LDR, BOPO, GWM affect ROA of 85,6% and the rest influenced by other factors. Partially CAR, NPL and GWM have no significant effect on ROA of Foreign Exchange Bank. while the LDR and BOPO have a negative and significant effect on the ROA of Foreign Exchange Bank.

Page 1 of 86 | Total Record : 857