EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 3 No 2 (2021): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnaments (TGT)

Dewi Arisanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengenai materi rangkaian kapasitor mata pelajaran Fisika dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT) di kelas XII MIA-1 MAN 1 Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA-1 dengan jumlah 43 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar Fisika siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test terdapat sebanyak 15 orang siswa (34,1 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 29 orang siswa (65,9 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 62,8. Pada siklus I diperoleh 23 orang siswa (52,3 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 21 orang siswa (47,7%) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 69,5. Dan Pada siklus II diperoleh 41 orang siswa (93,2 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 3 orang siswa (6,7 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78,3 Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa mengenai rangkaian kapasitor di kelas XII MIA-3 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...