cover
Contact Name
Elihami
Contact Email
elihamid72@gmail.com
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
elihamid72@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jenderal Sudirman No. 17 Enrekang, Sulawesi Selatan-Indonesia, Post Code 91712
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
ISSN : -     EISSN : 27164446     DOI : DOI Prefix: 10.33487/
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel hasil studi dan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, konseling psikologis, bimbingan pribadi, bimbingan akademik, bimbingan sosial, konseling karir, konseling keluarga, konseling spiritual, isu Multikultural dalam Konseling dan Psikologi Pendidikan dan semua aspek yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. Jurnal ini diterbitkan dua (2) kali per tahun.
Articles 143 Documents
PENGARUH PARENTING STYLE DAN PERSONALITY GENETIC TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ISLAMIC SCHOOL Masduki Asbari; Wakhida Nurhayati; Agus Purwanto
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.847 KB)

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan personality genetic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan personality genetic terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa PAUD Aya Sophia Islamic School sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) Robinson et al. (1995) dan Roman et al. (2015). Instrumen untuk mengukur personality genetic diadaptasi dari Poniman (2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari Poniman dkk. (2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan personality genetic berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IX SMP 1 ENREKANG Muhammad Junaedi Mahyuddin; Fitriyanti Sulaiman
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.002 KB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Metode RolePlaying Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas IXSMP 1 Enrekang. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran Perilaku Prososial siswa kelas IX sebelum diberi metoderole playing di SMP 1 Enrekang, (2) Bagaimana gambaran perilaku Prososial siswa kelas IX setelah diberi metoderole playing di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang , (3) Apakah ada pengaruh metoderole playing terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di SMP 1 Enrekang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku prososial siswa kelas IX sebelum penerapan metoderole playing di SMP 1 Enrekang, dan (2) Untuk mengetahui gambaran perilakuprososial siswa kelas IX setelah penerapan metoderole playing di SMP 1 Enrekang (3) Untuk mengetahui pengaruh role playing dalam konseling kelompok terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di SMP 1 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas IX di SMP 1 Enrekang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik diferensial dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan siswa dalam berperilakuprososial kelas IX di SMP 1 Enrekang sebelum penerapan metoderole playing berada dalam kategori sedang. (2) Kemampuan siswa dalam berperilaku prososial kelas IX di SMP 1 Enrekang setelah penerapan metoderole playingmeningkat atau berada dalam kategori sangat tinggi. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan perilaku prososial, artinya bila metode role playing ini diterapkan maka dapat membantu meningkatkan perilaku prososial siswa SMP 1 Enrekang. (3) Terdapat pengaruh metoderole playing dalam perilaku prososial siswa kelas IX di SMP 1 Enrekang.
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA Mutmainnah Mutmainnah
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.807 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA serta menguji hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA pada siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang sebanyak 430 siswayang terdiri dari 7 sekolah. Subjek dalam penelitian sebanyak 140 siswa. 30 siswa digunakan sebagai uji coba sedangkan 110 orang digunakan sebagai sampel. Strategi pengambilan sampel menggunakan metode purposive yaitu metode pengambilan sampel dengan cara menetapkan subjek sesuai dengan tujuan penelitiani. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hunungan kemampuan berfikir kritis dan regulasi diri dalam meningkat hasil belajar IPA siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang
PERANAN LAYANAN BIMBINGAN KELUARGA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA Muhammad Suyuti
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.68 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan keluarga memiliki pengaruh yang mendalam terhadap pertumbuhan dan perkembangan belajar anak, maka pihak orang tua (ayah dan ibu) hendaknya melakukan upaya-upaya yang strategis dalam membina anak-anaknya sejak dini. Dengan pembinaan yang baik, maka besar kemungkinan anak-anak tersebut, akan sukses di dalam mengikuti pelajaran di lembaga pendidikan formal (sekolah).Peranan penting dalam upaya keberhasilan seorang siswa mengikuti pelajaran di sekolah. Pada sisi lain, penulis juga berpandangan bahwa pendidikan keluarga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan belajar siswa di sekolah.
STARATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE Nurbadra Nurbadra
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.639 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi meningkatkan self confidence pada anak melalui bimbingan layanan kelompok dari keluarga. Dengan pembinaan yang baik, maka besar kemungkinan anak-anak tersebut, akan sukses di dalam mengikuti pelajaran di lembaga pendidikan formal (sekolah).Peranan penting dalam upaya keberhasilan seorang siswa mengikuti pelajaran di sekolah. Hasil temuan bahwa anak sangat membutuhkan suri teladan, dan pertama kali ia mendapatkan suri teladan adalah di lingkungan keluarganya yang didominasi oleh orang tua, yakni ibu dan ayah. Namun, ibu yang paling berperan terhadapnya di banding ayahnya terutama pada tahun pertamanya. Dikatakan demikian karena ibu lebih banyak bergaul dengan anak, selain itu naluri ibu lebih dekat dengan anak dibandingkan ayah.
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HIGHER OF THINK MAHASISWA BERBASIS KAMPUS MERDEKA Elihami Elihami
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 1 No 1 (2019): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.552 KB)

Abstract

Berbagai tantangan besar bangsa Indonesia di Era Industri 4.0 dan masa depan adalah kemampuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam konteks masyarakat 5.0. Dalam kaitan ini menarik untuk dikaji bagaimana kualitas pendidikan. Pendidikan sebagai tumpuan pembentukan mental peserta didik, semestinya didesain agar pendidikan selaras dengan kebutuhan peserta didik atau sesuai dengan perkembangan kejiwaannya serta disesuaikan dengan kebutuhan Industri. Suatu tantangan besar dalam mempertimbangkan aspek psikologis perkembangan peserta didik juga harus didampingi oleh tenaga pendidik yang berkarakter dan mempunyai keluasan pandangan dan wawasan terhadap pembentukan mental peserta didik dan berbagai kecakapan yang multi intelegence.
Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Agus Purwanto; Rudy Pramono; Masduki Asbari; Choi Chi Hyun; Laksmi Mayesti Wijayanti; Ratna Setyowati Putri; priyono Budi santoso
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.226 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat dari adanya pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat dari pandemic COVID-19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, responden sebanyak 6 orang guru dan orang tua murid di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5 dan R6. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru dan orang tua murid di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu penguasaan teknologi masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang dan Jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.
Dampak Sinetron Romantis Terhadap Perilaku Anak Sekolah Dasar Devita Inanda Hernawan
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.836 KB)

Abstract

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui dampak sinetron romantis terhadap perilaku anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa data dari berbagai jurnal dengan judul yang sama, kemudian menganalisis data tersebut shingga menemukan permasalahan yang sama yang akan dikaji. Analisis data dengan menggunakan tiga analisis model interaktif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan data dengan cara menyimak dan mencatat.
Studi Kasus: Pengaruh Pendidikan Karakter dan Tata Nilai terhadap Kecerdasan Emosi dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar di Serpong Pierre Senjaya; Fredson Kotamena; Charter Bing Andika; Agus Purwanto
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.819 KB)

Abstract

Karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan jati diri seorang siswa. Namun, upaya pembentukan karakter siswa melalui sebuah riset pendidikan dengan pendekatan fenomenologi belum banyak dilakukan oleh praktisi pendidikan. Manusia sebagai subyek pendidikan bersifat dinamis, maka dibutuhkan suatu pendekatan yang mendalam, holistik dan humanistik untuk mengkajinya. Pendekatan fenomenologi merupakan alternatif yang tepat untuk riset dalam pendidikan. Fokus pada tulisan ini adalah mengenai Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Tata Nilai Terhadap Kecerdasan Emosi Dan Kemandirian Siswa.­­­ Salah satu poin penting yang menjadi kelebihan studi fenomenologi adalah pengalaman yang tersembunyi di dalam aspek filosofis dan psikologis individu dapat terungkap melalui narasi sehingga peneliti dan pembaca seolah dapat mengerti pengalaman hidup yang dialami oleh subjek penelitian
Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD Unik Kurniawati
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.695 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang dilakukan dengan metode dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran yang dilakukan orang tua yang dapat memengaruhi kemampuan membaca siswa di tingkat sekolah dasar kelas 2. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa. Perkembangan kemampuan membaca siswa tidak lepas dari peran orang tua. Dimana orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan siswa terutama dalam hal ini adalah kemampuan membaca. Siswa memiliki kemampuan membaca yang baik dan memadai jika mendapatkan motivasi dan dorongan dari orang tua. Ketika siswa memiliki peluang untuk berkembang, memiliki antusias yang tinggi dalam belajar, namun karena kurangnya dukungan dari orang tua akan menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan siswa, terutama dalam hal membaca. Karena membaca merupakan jendela dunia, diharapkan orang tua mampu memberikan dukungan untuk mereka berkembang dengan baik.

Page 1 of 15 | Total Record : 143