JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN

Nurhakima Ritonga (Universitas Labuhanbatu)
Halimah Sakdiah Boru Gultom (Universitas Labuhanbatu)
Rahmi Nazliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan peelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan ketereampilan proses menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diaplikasi dari siklus 1 dan berakhir padas sisklus 2. Populasi pada penelitain ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkatan menggunakan tehnik proposive sample dengan jumlah sampel 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pendekan keterempilan proses dari 64,8 meningkat menjadi 81, 7. Dapat disimpulkan bahawa kemampuan berpikir dalam pembelaran IPA mengalami Peningkatan  melalui kritis Keterampilan proses

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPSA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA) memuat artikel yang membahas aspek: pendidikan Fisika dan Ilmu Fisika, pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, pendidikan Biologi dan Ilmu Biologi, pendidikan Sains, serta inovasi-inovasi pembelajaran. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, ...