Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN

Novianti Novianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2018

Abstract

Proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan, karena akan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diinginkan pun dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw pada materi operasi aljabar bentuk akar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 39 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada pemberian tes hasil belajar pada siklus I dari 39 orang siswa hanya 56,41 % yang tuntas belajar mendapat  nilai ? 65. Pada hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan kegiatan siswa telah diperoleh yaitu 78,89 % dan 77,78 % pada siklus I. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 89,74 %. Hasil observasi pada kegiatan peneliti meningkat menjadi 91,15 % dan observasi aktivitas siswa menjadi 88,89 %, sehingga telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Dari hasil wawancara terhadap siswa, dengan menggunakan metode Quick on The Draw sangat bagus untuk diterapkan. Dengan demikian model pembelajaran Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi matriks di kelas X  SMA N 2 Bireuen.  Kata kunci : Quick On The Draw, hasil belajar, aktivitas siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...