Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Almuslim

PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GANDAPURA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Fatimah Fatimah (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim)
rahma Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Observasi awal dan wawancara singkat di SMP Negeri 1 Gandapura ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika. Selain itu, keterampilan-keterampilan siswa dalam bidang fisika seperti keterampilan proses sains siswa juga tidak berkembang dan meningkat. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan dengan menggunakan model Quantum Teachingberbasis media animasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Gandapura. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gandapura. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah berupa RPP, LKS, tes, lembar observasi dan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbasis media animasi dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gandapura pada materi listrik dinamis. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dari 72% pada siklus pertama menjadi 88% pada siklus kedua. Selain itu juga ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Aktivitas guru meningkat dari 78% pada siklus pertama menjadi 95% pada siklus kedua. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 76% menjadi 96% pada siklus kedua. Baiknya respon siswa terhadap penggunaan model Quantum Teaching berbasis media animasi ditunjukkan dengan tingginya rata-rata persentase jumlah siswa yang senang dan setuju terhadap pelaksanaan model Quantum Teaching berbasis animasi dalam pembelajaran. Keywords: Quantum Teaching, Media Animasi, Keterampilan Proses Sains, Listrik Dinamis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...