Sulitnya dalam memahami konsep dalam matematika menyebabkan hasil belajar siswa menurun dari setiap tahunnya, terutama pada materi turunan. Setelah melakukan wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh bahwa hamper sebagian besar siswa tidak memahami fungsi dan tujuan dari setiap materi dan tidak memahami dengan baik kosep dasar materi turunan serta dasar dasar aljabar yang merupakan materi dasar yang wajib dipelajari. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui prngaruh hadil belajar siswa khusunya materi turunan. Desain yang digunakan adalah pre-experimental, bentuk desain yang dipilih adalah one-group pretest-posttest design. Dalam desain ini terdapat satu kelompok subjek yaitu kelompok eksperimen kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kelompok eksperimen, selanjutnya diberi perlakuan dan diberi posttest. Dari hasil perhitungan korelasi, diketahui bahwa nilai korelasi antara variabel X dan variabel Y () yaitu 0,9832. Maka dari itu interpretasi nilai korelasi (r) berada pada interval 0,80 - 1,000 yang berarti bahwa terdapat korelasi sangat kuat. Uji beda (Uji t) diperoleh   yaitu 33,18  1,68. Maka keputusan statistik adalah diterima dan ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dapat mempengaruhi hasil belajar siswa berbantuan alat peraga papan turunan pada materi turunana pada siswa kelas XI SMA N 3 Bireuen. Kata Kunci: Probing prompting, Hasil belajar, Turunan.
Copyrights © 2020