EDUPEDIA
Vol 5, No 2 (2021): Oktober

Hakikat Lingkungan dan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Aspek Sosial Emosional

Yuyun Indah Sari (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjabarkan tentang pengenalan lingkungan yang didasarkan pada epistimologi, aksiologi, dan ontologi yang implikasinya pada sosial emosional anak usia dini, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan penelitian yaitu memberikan penggambararan mengenai hakikat lingkungan. Metode yang digunakan oleh peneliti ini ialah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sosial emosional yang berdampak pada diri anak yaitu adalah rasa percaya diri. Dan kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah lingkungan memiliki banyak pengaruh pada anak, dengan adanya lingkungan maka akan mempengaruhi sosial emosional anak, sehingga lingkungan pulalah yang mampu membentuk karakter anak untuk mnciptakan rasa percaya diri di lingkungan masyarakat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...