IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 2, No 2 (2021): DECEMBER 2021

PENGEMBANGAN MODEL KEWIRAUSAHAAN DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UMKM DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR

Sunaris Sunaris (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Sukesi Sukesi (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

MSMEs have a very important role in the development of the national economy. MSMEs are believed to be the creators of new jobs which are expected to have an impact on reducing unemployment and equitable distribution of community income. The research objectives are to describe what entrepreneurial model was owned and needed by MSMEs assisted in the cultivation sector to improve marketing performance. It was qualitative research to explore unquantifiable phenomena. the results of this study explained entrepreneurial model of MSMEs tended to be traditional and had several limitations that hinder business development. It needed to provide knowledge with intensive guidance for each MSMEs actor related to modern technology as a marketing medium such as social media (for example: Facebook, Instagram, Twitter, YouTube) to boost business sales capacity. UMKM memiliki peran sangat penting dalam pembangunan perekonomian nasional. UMKM dipercaya sebagai pencipta lapangan kerja baru yang diharapkan berdampak kepada berkurangnya pengangguran dan pemerataan pendapatan masyarakat. Selain itu, UMKM telah terbukti mampu bertahan di saat krisis ekonomi terjadi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan model kewirausahaan yang dimiliki dan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM binaan pada bidang budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa model kewirausahaan UMKM binaan pada bidang budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur cenderung masih tradisional dan memiliki beberapa keterbatasan yang menjadi pokok masalah yang yang menghambat pengembangan usaha. Model kewirausahaan yang diperlukan adalah dengan memberikan pengetahuan dengan pembinaan intensif kepada setiap pelaku UMKM terkait teknologi modern sebagai media pemasaran seperti sosial media (misalnya: Facebook, Instagram, Twitter, YouTube) yang mampu mendorong kapasitas penjualan usaha perlu ditingkatkan secara intensif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember ...