Buletin Pembangunan Berkelanjutan
Vol. 5 No. 3 (2021)

Pelatihan Pemantapan Penguasaan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Pada Guru-Guru SD Kab. Indragiri Hulu

Siti Robiah (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Suryanti Suryanti (Unknown)
Sepita Ferazona (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang memiliki karakteristik berbeda dengan ilmu yang lain yakni mengandung ayat-ayat Qauniah dan ayat-ayat Qauliyah sehingga butuh skill dan bahan ajar tersendiri dalam mentransfer ilmunya. Namun demikian pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru-guru SD IPA masih bersifat parsial dengan hanya mengutamakan target capaian ayat-ayat Qauniah semata (aspek kogitif IPA) sehingga aspek qauliyah terutama sikap islami terabaikan, disamping itu memang masih kurangnya bahan ajar IPA yang terintegrasi nilai-nilai Alqur’an yang bisa dijadikan i acuan bagi guru-guru SD. Sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut maka guru-guru SD perlu dibekali melalui suatu pelatihan pemantapan penguasaan bahan ajar IPA terintegrasi nilai-nilai alqur’an agar dapat diaplikasikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinpembangunan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Fokus utama adalah pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) kelompok utama yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi, hukum dan tata kelola berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan ...