Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 7 No 2 (2021): Saintifik

Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantukan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19

Murtafiah Murtafiah (Universitas Sulawesi Barat)
St. Inaya Masrura (Universitas Sulawesi Barat)
Saharuddin Saharuddin (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini diharapkan mampu mendukung pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwamedia pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh dua orang pakar dengan skor rata-rata 3,5, memenuhi kriteri praktis berdasarkan penilai guru, dan memenuhi kriteria efektif berdasarkan skor hasil belajar siswa serta respon siswa yang sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kalayakan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021