Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya
Vol 4, No 2 (2022): Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya

Buku Foto Desa Mojolaban sebagai Sentra Pengrajin Kain Pantai di Kabupaten Sukoharjo

Muhammad Rifqi Rinaldi (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI.)
Dian Handayani (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI.)
Wulandari Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk merancang buku foto Desa Mojolaban sebagai sentra pengrajin kain pantai di Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fakta atau bukti-bukti di lapangan. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data atau informasi yaitu berasal dari studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian yang dikumpulkan adalah bahwa di Kabupaten Sukoharjo tepatnya di Desa Mojolaban sebagai tempat pengrajin kain pantai. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dirancang sebuah media informasi berupa buku foto. Buku foto adalah salah satu media yang efektif karena terdiri dari foto yang menggambarkan proses pembuatan dan berbagai motif dari kain pantai yang dibuat di Desa Mojolaban. Buku foto juga dirancang untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang menyukai travelling, yang pada berminat untuk menjadi investor, serta menjadikan Desa Mojolaban sebagai tempat wisata, yang akhirnya membuat masyarakat untuk lebih mencintai warisan nusantara. Untuk konsep visual yang digunakan hanya berupa foto yang menggambarkan elemen-elemen ilustrasi. Selain itu, jenis huruf yang dipakai sebagai judul ataupun subjudul juga memakai huruf tegas. Dibuatnya buku foto ini adalah untuk memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai cara proses pembuatan kain pantai dan manfaatnya bagi masyarakat luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

vhdkv

Publisher

Subject

Humanities

Description

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya fokus untuk menerbitkan artikel hasil karya mahasiswa baik dalam bentuk penciptaan maupun pengkajian untuk semua aspek meliputi laporan penelitian terbaru, ide-ide konseptual, dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dalam bidang ...