YUME : Journal of Management
Vol 5, No 2 (2022)

Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee

Dinda Zieza Iksyanti ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Agus Maolana Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Abstrak Shopee merupakan salah satu E-commerce dengan mobile platform pertama yang ada di Asia Tenggara yakni termasuk Indonesia. Dengan adanya persaingan E-commerce, social media marketing pada platform TikTok dijadikan sebagai strategi untuk menarik para calon konsumen. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui pengaruh dari social media marketing melalui electronic word of mouth pada platform TikTok terhadap keputusan pembelian di Shopee. Penilitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dan juga deskriptif dengan sampel yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang dipergunakan yakni non probability sampling dengan menggunakan metode path analysis (analisis jalur). Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS ver.25. Hasil yang didapat dalam penelitian yang telah dilakukan ini yakni social media marketing (X) berpengaruh serta signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan memiliki nilai thitung(3,997)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05 , social media marketing marketing (X) berpengaruh serta signifikan terhadap electronic word of mouth (Z) dengan memiliki nilai thitung(11,553)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05, electronic word of mouth (Z) berpengaruh serta signifikan terhadap  keputusan pembelian (Y) dengan memiliki nilai thitung(5,045)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05  dan juga adanya pengaruh dari social media marketing (X) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui electronic word of mouth (Z) dengan memiliki nilai thitung(4,455)>ttabel(1,66071) dan nilai signifikasi < 0,05 .Kata Kunci : Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, E-commerceAbstract Shopee Is One Of The First E-Commerce Platforms In Southeast Asia, Including Indonesia. With E-Commerce Competition, Social Media Marketing On The Tiktok Platform Is Used As A Strategy To Attract Potential Consumers. Therefore, This Research Was Conducted In Order To Determine The Effect Of Social Media Marketing Through Electronic Word Of Mouth On The Tiktok Platform On Purchasing Decisions At Shopee. This Research Uses Quantitative And Descriptive Research Methods With A Sample Of 100 Respondents. The Sampling Technique Used Is Non-Probability Sampling By Using The Path Analysis Method (Path Analysis). Data Processing Is Done Using SPSS Ver.25. The Results Obtained In This Research, Namely Social Media Marketing (X) Has A Significant And Significant Effect On Purchasing Decisions (Y) By Having A Value Of Tcount(3.997)>Ttable(1.6071) And A Significance Value Of <0.05, Social Media Marketing Marketing (X) Has A Significant And Significant Effect On Electronic Word Of Mouth (Z) With A Value Of Tcount (11,553)> Ttable (1,66071) And A Significance Value < 0.05, Electronic Word Of Mouth (Z) Has A Significant And Significant Effect On Purchasing Decisions (Y) With A Value Of Tcount(5.045)>Ttable(1.66071) And A Significance Value <0.05 And Also The Influence Of Social Media Marketing (X) On Purchasing Decisions (Y) Through Electronic Word Of Mouth (Z) With Has A Value Of Tcount(4.455)>Ttable(1.66071) And A Significance Value <0.05. Out The Research.Keywords: Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Purchase Decision, E-commerce

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Library & Information Science

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...